SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di SMAN 1 KALIS
Jum'at, 18-10-2024

SMAN 1 Kalis Laksanakan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan

Senin, 18 Maret 2024

Kalis, (Senin,18/03/2024) Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024, akan dilangsungkan hingga tanggal 26 Maret 2024 mendatang.

Ketua panitia pelaksana Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan pada SMAN 1 Kalis, Mohammad Isnaini Ham, S.Pd.I. menjelaskan bahwa pada tahun ini sebanyak 106 Peserta Didik Kelas XII mengikuti Sumatif Akhir, dengan rincian 52 orang jurusan MIPA dan 54 orang jurusan IPS. “Pelaksanaan Sumatif Akhir di SMAN 1 kalis moda online memanfaatkan website Learning Management System (LMS) sman1kalis-lms.sch.id, menggunakan perangkat yaitu tablet dan jaringan internet yang ada di sekolah, oleh karena itu panitia telah melakukan rapat persiapan juga menyiapkan perangkat sarana prasarana, administrasi yang diperlukan, bahkan juga melaksanakan rapat bersama dengan orang tua atau wali peserta didik kelas XII untuk proaktif bersama dalam mengawasi putra-putri selama pelaksanaan sumatif akhir’’ katanya.

Mohammad Isnaini Ham (Ketua Panitia Sumatif Akhir SMAN 1 Kalis)

Pada pelaksanaan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan di SMAN 1 Kalis menggunakan 4 ruang untuk 105 orang peserta didik, sementara 1 orang peserta didik melaksanakan ujian di ruang guru dengan didampingi orang tua. “1 orang peserta didik kami beberapa waktu lalu menjelang sumatif akhir mengalami kecelakaan lalu lintas dan masih dalam tahap pemulihan, sehingga panitia kondisikan yang bersangkutan tetap mengikuti Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan dengan didampingi orang tua”, ungkap Isnaini.

Suasana Pelaksanaan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan di SMAN 1 Kalis

Waka Kurikulum sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMAN 1 Kalis, Elias Sariamas Suka, S.Pd menjelaskan sebelum pelaksanaan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan, bahwa Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan rapat pada 17 Februari 2024, yang mana salah satu keputusan terkait sumatif akhir yaitu soal-soal diambil dari semester VI, terkait pembuatan soal, mekanisme serta teknis pelaksanaannya diserahkan ke masing-masing sekolah. Selain itu berdasarkan Surat Pemberitahuan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat nomor 400.3/316/DIKBUD-C tanggal 19 Februari 2024 tentang tata Kelola pelaksanaan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan sekolah diberitahukan bahwa pelaksanaan sumatif akhir pada 18 s.d. 26 Maret 2024, sedangkan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan praktik pada SMA diminta untuk dilaksanakan tatap muka dan dilaksanakan sebelum Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan teori. “Intinya, kita mengikuti tata kelola Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan yang sudah diberitahukan tersebut, sehingga untuk praktik sudah SMAN 1 Kalis laksanakan pada rentang tanggal 4 hingga 15 Maret 2024 yang lalu sedangkan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan teori dilaksanakan pada hari ini hingga 26 Maret 2024 mendatang”, katanya.

Elias Sariamas Suka (Waka Kurikulum SMAN 1 Kalis)

Elias berharap dalam pelaksanaan Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024 khususnya di SMAN 1 Kalis dapat terlaksana dengan baik, lancar dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII. Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan wajib diikuti seluruh peserta didik kelas XII karena salah satu syarat kelulusan dari jenjang satuan pendidikan khususnya SMA adalah peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pelajaran yang dibuktikan dengan memiliki nilai lengkap pada semester I sampai semester VI. “Apabila peserta didik tidak mengikuti Sumatif Akhir Jenjang Satuan Pendidikan artinya belum menyelesaikan seluruh program pelajaran, pun ada kriteria kelulusan lain dari aspek non akademis yang umumnya kita sertakan yaitu peserta didik memperoleh nilai sikap predikat minimal baik (B) pada semester ini dan jumlah ketidakhadiran (Alpa) dari yang bersangkutan tidak melewati jumlah maksimal yang sudah disepakati dalam tata tertib sekolah, hal ini semua sudah kita sampaikan dan jelaskan dalam rapat bersama orang tua maupun wali peserta didik kelas XII”, tutup Elias.

Rapat Bersama Orang Tua/Wali Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Kalis (16/03/2024)

GALERI FOTO

PENGUNJUNG