SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di SMAN 1 KALIS
Minggu, 08-09-2024

Asesor Akreditasi BAN S/M Kalbar Lakukan Visitasi Ke SMAN 1 Kalis

Senin, 31 Juli 2023

Kalis (SMAN 1 Kalis)-Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan visitasi akreditasi sekolah di SMA Negeri 1 Kalis. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin-Selasa(24-25/7/2023). Tim asesor yang ditugaskan melakukan visitasi di SMA Negeri 1 Kalis yaitu Bapak Dr. Zulkifli, S.Ag.,M.A. dan Bapak Arif Januardi, M.Pd. Tim asesor diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Marselus, S.Pd. beserta perangkat sekolah dan tim akreditasi di Ruang Laboratorium IPA.

Kegiatan Pembukaan Akreditasi SMAN 1 Kalis (Foto:Istimewa)

Kegiatan Pembukaan Akreditasi SMAN 1 Kalis (Foto:Istimewa)

Tim Asesor BAN S/M Provinsi Kalbar: Bapak Dr. Zulkifli, S.Ag.,M.A. (kanan) & Bapak Arif Januardi, M.Pd. (kiri)

Visitasi hari pertama (24/7) diawali dengan pembukaan kegiatan pada pukul 07.00 WIB dalam kegiatan pembukaan Kepala SMAN 1 Kalis mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan komite, perwakilan orang tua, dewan guru serta tenaga pendidikan yang hadir dalam kesempatan tersebut. Selanjutnya tim asesor memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang surat tugas dari BAN S/M. Asesor menyampaikan bahwa visitasi merupakan kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen akreditasi, data dan informasi pendukung, serta observasi terhadap kondisi objektif sekolah untuk menentukan status, peringkat, dan predikat akreditasi. Dalam kegiatan pembukaan juga tim asesor melakukan konfirmasi terhadap pengisian sispena khususnya pada bagian Indikator Pemenuhan Relatif (IPR). Setelah kegiatan pembukaan dilaksanakan, guna memeriksa kebenaran dokumen secara utuh maka tim asesor melakukan wawancara dengan banyak pihak pada hari tersebut. Proses wawancara dilakukan secara tertutup kepada pihak komite dan perwakilan orang tua. Wawancara juga dilakukan kepada kepala sekolah beserta perangkat, masing-masing penanggung jawab komponen, guru, tenaga pendidikan, hingga perwakilan siswa-siswi. Agenda hari tersebut berlangsung hingga pukul 16.00 WIB ditutup dengan foto bersama di halaman sekolah.

Asesor melakukan wawancara terhadap Pengurus Komite dan Perwakilan Orang Tua Siswa (Foto:Istimewa)

Visitasi hari kedua (25/7) dimulai pada jam pelajaran pertama atau pukul 07.00 WIB. Kedua asesor memantau proses pembelajaran yang berlangsung di dua kelas berbeda hingga jam pelajaran kedua usai. Setelah menyelesaikan pemantauan, asesor meninggalkan ruang kelas dan melakukan wawancara terhadap perwakilan siswa-siswi di dua kelas tersebut. Selanjutnya asesor melakukan wawancara lanjutan terhadap Kepala sekolah, para guru dan guru bimbingan konseling. Wawancara yang dilakukan asesor terhadap siswa-siswi tidak didampingi siapa pun, agar siswa lebih leluasa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan asesor. Pada hari kedua ini juga 10 siswa mengisi angket tentang perundungan secara online dan offline.

Pemeriksaan Dokumen Oleh Asesor (Foto: Istimewa)

Siswa-Siswi Mengisi Angket Perundungan Secara Online di Lab. TIK SMAN 1 Kalis (Foto: Istimewa)

Setelah jam istirahat siang selesai, kedua Asesor melakukan peninjauan langsung terhadap fasilitas, sarana prasana yang dimiliki sekolah, termasuk keadaan asrama sekolah dan perumahan guru yang terletak tidak jauh dari lingkungan sekolah. Kegiatan hari tersebut diakhiri dengan acara penutupan yang berisi ucapan terima kasih dari pihak sekolah kepada asesor, kemudian disampaikan juga kesan, pesan, serta masukan dari asesor guna meningkatkan kualitas SDM dan juga kualitas dari sekolah. Kegiatan hari kedua yang juga merupakan kegiatan penutup berlangsung hingga pukul 16.00 WIB, diakhiri foto bersama di ruang Laboratorium IPA.

Foto Bersama (foto doc. OSIS)

Foto Bersama (Foto doc. OSIS)

Ditemui setelah selesai kegiatan visitasi dari asesor, Marselus, selaku Kepala SMAN 1 Kalis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BAN S/M, pihak terkait lainnya, serta kepada keluarga besar SMAN 1 Kalis yang telah aktif bekerja sama untuk mensukseskan kegiatan akreditasi, harapannya bahwa akreditasi SMAN 1 Kalis dapat meraih predikat maksimal atau terbaik. “Terima kasih secara khusus kepada Bapak Zulkifli dan Bapak Arif Januardi yang telah melakukan visitasi sekaligus memberikan bimbingan dan saran yang dapat memberikan kemajuan bagi SMAN 1 Kalis” ungkap Marselus. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Kalis, Elias Sariamas Suka selaku Waka Kurikulum SMAN 1 Kalis menyampaikan ucapan terima kasih untuk seluruh stakeholder, pihak terkait yang mendukung sehingga visitasi akreditasi SMAN 1 Kalis dapat berjalan dengan lancar.  Elias menjelaskan jika dahulu akreditasi menggunakan 8 Standar Nasional pendidikan (SNP) untuk akreditasi sekarang ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang mencakup 4 komponen yaitu mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah/madrasah. “Kami rasakan bahwa selama dua hari ini, asesor yaitu Bapak Zulkifli dan Bapak Arif Januardi tidak hanya melakukan konfirmasi dan klarifikasi terhadap data atau sarana prasarana saja, tetapi yang kami syukuri juga tim asesor memberikan saran bimbingan yang bisa memberikan dampak untuk kemajuan juga peningkatan mutu sekolah” jelas Elias.

GALERI FOTO

PENGUNJUNG